Ketahui Pengaruh Warna Bagi Psikologi Manusia

Pengaruh Warna

Pengaruh warna bagi psikologi manusia bisa diketahui dengan berbagai cara. Banyak penelitian yang sudah dilakukan oleh para ahli mengenai psikologi warna. Hasilnya, warna memang dapat berpengaruh pada suasana hati atau mood seseorang. Jangan sampai mengaplikasikan warna yang tidak tepat sehingga suasana hati seseorang menjadi terganggu. Sebuah ruangan diberi warna tertentu dengan tujuan supaya dapat memberikan aura positif bagi penghuninya.

Beberapa Pengaruh Warna Bagi Psikologi Manusia

Psikologi warna dapat diaplikasikan pada rumah di berbagai ruangan. Berikut ini adalah beberapa pilihan warna yang tepat diaplikasikan pada masing-masing ruangan di rumah:

  • Kombinasi warna hangat untuk ruang keluarga
    Ruang tamu maupun ruang keluarga membutuhkan sentuhan warna hangat. Arti warna bagi psikologi manusia khususnya warna-warna hangat ialah dapat mendukung kedekatan dan kekraban anggota keluarga serta dengan teman. Beberapa warna yang dapat menimbulkan sentuhan hangat antara lain cokleat muda atau krem, kuningdan oranye dapat mendorong orang untuk mengobrol dan berkomunikasi. Dengan begitu, kedekatan dan keakraban satu sama lain akan terjalin.
  • Pilih warna dingin untuk ruang tidur
    Untuk ruang atau kamar tidur, kombinasi warna yang pas adalah warna-warna dingin. Warna dingin memiliki peran yang sangat besar dalam membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks serta lebih menenangkan. Hal ini dikarenakan sifatnya yang mampu menurunkan dan menetralisir tekanan darah serta denyut jantung. Warna dingin juga mampu membangun kedekatan dan keromantisan dengan pasangan. Beberapa jenis warna dingin antara lain ungu lavender, biru dan hijau.
  • Warna pendorong semangat untuk ruang kerja atau ruang olahraga
    Untuk dapat bekerja dengan baik atau melaksanakan olahraga dengan maksimal, semangat harus dimiliki seseorang. Supaya semangat diri lebih terbangun, aplikasi warna-warna kuat adalah langkah tepat. Untuk itu, aplikasikan warna penumbuh semangat seperti merah atau oranye di ruang kerja maupun ruang olahraga.
  • Dominasi putih pilihan tepat untuk kamar mandi
    Kebersihan kamar mandi menjadi salah satu hal yang harus diprioritaskan di dalam rumah. Untuk lebih mencerminkan kebersihan, warna putih sangat tepat diaplikasikan pada kamar mandi. Selain warna putih, beberapa warna yang dapat dipilih adalah hijau pupus dan biru muda.

Psikologi Warna Untuk Pilihan Warna Pakaian Sesuai Suasana Hati

Arti warna ungu sering diungkapkan sebagai warna janda. Namun justru menurut psikologi warna ungu memiliki arti yang berbeda. Berikut ini adalah arti psikologi warna dalam pemilihan warna yang pas dipilih sesuai suasana hati:

  • Warna Merah Untuk Memberi Semangat
    Ketika suasana hati sedang turun karena sedih dan tidak semangat, pakaian yang pas dikenakan untuk mendongkrak semangat adalah pakaian dengan warna merah. Menurut penelitian, warna merah mampu meningkatkan adrenalin. Hal ini akan membuat sang pemakai menjadi tergerak untuk lebih aktif. Pakaian warna merah sangat pas dikenakan ketika berangkat ke kantor. Warna merah sebaiknya tidak dikenakan ketika tidur atau di kamar mandi. Saat berada di kedua tepat itu, sebaiknya menggunakan pakaian dengan warna yang meneduhkan.
  • Warna Hijau, Kuning dan Pink Dapat Membuat Hati Bahagia
    Arti warna pink diidentikkan dengan sifat seorang wanita yang manja. Anggapan ini salah. Menurut penelitian yang telah dilakukan ahli di Amsterdam, justru warna pink, hijau dan kuning mampu meningkatkan suasana hati yang bahagia jika diaplikasikan pada pakaian.
  • Lebih tenang dengan warna biru
    Warna biru sangat pas diaplikasikan pada Anda yang sedang dilanda stress. Biru juga dapat memberikan ketenangan bagi yang sedang merasa cemas dan khawatir dengan masalah pekerjaan atau yang lainnya. Aura warna biru dapat membangkitkan perasaan yang tenang dan kalem dari dalam hati.

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai pengaruh warna bagi psikologi manusia yang bisa diaplikasikan pada ruangan rumah. Fokus terhadap pemilihan warna yang tepat akan membat mood para penghuni rumah menjadi selalu positif.

Spread the word. Share this post!